Mengenal Tools Teks Editor Blogspot


Mengenal Tools Teks Editor Blogspot - Selamat siang dan selamat beristirahat Sobat BCB sekalian :) . Tak terasa Blog Cara Blogging yang baru beberap waktu lalu dibuat ini sudah 4 hari tidak mempublish satu artikelpun. Hehehe. Semoga BCB tidak ditinggalkan oleh Sobat BCB sekalian.

Setelah hari Minggu tanggal 24 kemarin BCB menulis artikel "Cara Menulis Artikel Di Blogspot", pada artikel ini masih ada hubungannya dengan artikel yang kemarin itu. Namun pada pembahasan artikel ini lebih spesifik pada pengenalan tools teks editor untuk menulis artikel di Blogspot.

Langsung aja nih, Sobat BCB semoga mendapat manfaat dari artikel Mengenal Tools Teks Editor Blogspot ini. Nomor yang ada pada gambar dijelaskan pada poin-poin dibawah :


Mengenal Tools Teks Editor Blogspot, Tools Teks Editor Blogspot
Klik untuk memperbesar.


1. Compose/HTML : Mode untuk mengedit teks dengan cara langsung (Compose) atau dengan cara mengedit kode HTML artikel yang akan Sobat buat. Mode Compose lebih disarankan untuk pengguna yang ingin menulis secara standar. Sedangkan mode HTML untuk pengguna advance.

2. Tombol Undo dan Redo : Undo untuk membatalkan sebuah penulisan, Redo untuk mengembalikan pembatalan penulisan dari Undo.

3. Tombol F : Merupakan tombol untuk memilih default font yang digunakan dalam menulis artikel. Beragam font tersedia antara lain ; Arial, Courier, Georgia dsb.

4. Tombol tT : Untuk mengatur besar kecil tulisan Sobat BCB, ada ukuran smallest untuk yang terkecil, small, normal, large dan largest untuk ukuran tulisan terbesar.

5. Tombol ini berguna untuk mengatur JENIS besar-kecil huruf. Berbeda dengan tombol nomor 4, tombol nomor 5 ini biasanya dipergunakan untuk optimasi SEO ; Normal, Minor Heading, Sub Heading dan Heading.

6. Tombol B : Bold, untuk mempertebal tulisan yang sekiranya penting bagi pembaca tulisan Sobat BCB.

7. Tombol I : Italic, dipergunakan untuk memiringkan huruf atau karakter. Untuk beberapa kata dalam bahasa serapan perlu diberikan garis miring atau italic.

8. Tombol U : Underline, untuk menggaris bawahi kata atau kalimat yang penting bagi pembaca artikel. Kegunaan tombol 6-8 hampir sama, yaitu menandai informasi yang perlu/penting.

9. Tombol ABC : Digunakan untuk mencoret sebuah kata atau kalimat, biasanya dipergunakan untuk mencoret atau merevisi sebuah kata.

10. Tombol nomor 10 : Untuk mengubah warna huruf karakter yang Sobat BCB ketikkan. Ada beragam pilihan warna yang bisa dipilih.

11. Tombol nomor 11 : Digunakan mengubah warna latar dari suatu teks atau kalimat tertentu. Fungsinya mirip seperti Spido dalam kehidupan nyata.

12. Tombol Link : Memasukkan link pada sebuah frasa atau kalimat menggunakan Tools ini.

13. Tombol Insert Image : Untuk memasukkan gambar baik yang diupload, dari link blog lain maupun dari koleksi album Picasa Web milik Sobat BCB untuk dimasukkan kedalam artikel.

14. Tombol Insert Video : Sesuai namanya, tombol ini digunakan untuk memasukkan video pada artikel yang ditulis.

15. Tombol Insert Jump Break : Untuk memotong atau memberikan link Readmore.

16. Tombol Alignment : Untuk mengatur kerapihan tulisan dari Sobat BCB; bisa memilih rata kiri, rata tengah, rata kanan atau rata semua (justify).

17. Tombol Numbered List : Memasukkan daftar urut nomor pada artikel. Berguna antara lain untuk menulis artikel seperti ini. Otomatis nomor akan terisi jika ditekan tombol Enter.

18. Tombol Bullet List : Mirip halnya dengan Numbered List, tetapi pada Bullet List urutannya secara default mempergunakan bulatan kecil (bukan angka).

19. Tombol Quote : Digunakan untuk membuat sebuah kutipan pada artikel. Biasanya kutipan ini hal yang penting yang harus diketahui pembaca artikel Sobat BCB.

20. Tombol Remove Formatting : Untuk menghapus pemformatan teks pada artikel yang sedang dibuat. Pemformatan yang dihapus seperti ; alignment, bold, italic dsb.

21. Tombol Check Spelling : Untuk mengecek benar atau salah dari pengejaan kata yang Sobat BCB ketikkan pada artikel yang dibuat.

Sudah, hanya ada 21 tombol tool teks editor pada blogspot yang harus diketahui agar bisa mempergunakannya secara maksimal. Oiya, tutorial ini dalam mode Compose, jadi untuk mode HTML nanti akan menyusul. Bagaimana sekarang Sobat BCB apa sudah Mengenal Tools Teks Editor Blogspot?

7 komentar:

  1. Bagi pemula ini sangat memang perlu Mas,,,trims mas udah berbagi ini :)

    BalasHapus
  2. code-code dasar compose post ini sangat berguna kawan..

    BalasHapus
  3. Terima kasih tempo hari anda sudah berkunjung ke blog saya, salam kenal..tetaplah semangat dan konsisten menulis di blog, carilah tema-tema sederhana yang jarang orang lain bahas, walaupun tema sama bahas dengan cara lain dan pilihan bahasa yang menarik

    semoga blog ini semakin ramai

    BalasHapus
  4. penjelasan yang rinci, sangat membantu

    BalasHapus
  5. maaf ya baru bisa kesini, situs ku mengalami kerusakan database.. jadi mesti repair dulu.. :D

    BalasHapus
  6. aku jarang gonta ganti font kalau nulis blog

    BalasHapus

Sobat BCB yang mau bertanya atau memberikan tambahan, Sok atuh berkomentar.

Komentar Sobat dimoderasi dulu sebelum ditampilkan :)