Mengenal Blogging dan Layanan Blog [2]

Sobat tahu tidak sejarah blog pada awalnya? Pada awalnya, pertama kali blog dipopulerkan berkat layanan dari Blogger.com lho (kata wikipedia hehehe). Pada waktu itu sebelum tahun 2002 berakhir, Blogger.com bukanlah milih Google, tetapi masih dimiliki Pyra Labs. 

Sebelum akhirnya pada tahun 2003 Pyra Labs dengan layanan Blogger.com nya dibeli oleh Google dan dijadikan layanan milik Google. Blog sendiri merupakan sebuah aplikasi pada internet yang dipergunakan antara lain untuk menulis catatan sehari-hari, mengkampanyekan sebuah produk dan bahkan ada pula blog yang dipergunakan untuk mencari uang dengan bisnis afiliasi, hayo Sobat Blog Cara Blogging siapa yang mau dapat uang dari kegiatan NgeBlog? hehehe. 

Ketika awal dipopulerkan Pyra Labs dengan Blogger.com nya, belum banyak layanan blog yang ada pada dunia maya. Namun, akhir-akhir ini muncul beragam layanan blog baik yang gratis maupun yang berbayar pada dunia maya yang masing-masing menawarkan kelebihan dan kekurangan tersendiri pada layanannya.

Berikut ini Blog Cara Blogging berikan alamat url yang menyediakan layanan untuk membuat blog secara gratis. 9 Daftar penyedia blog gratis populer
  1. Blogger.com : Ini dia layanan yang tadi sempat dibahas, menurut Blog Cara Blogging sih platform yang dimiliki Blogger.com ini paling cocok untuk dipergunakan dalam aktivitas NgeBlog. Pada Blogger.com Sobat bisa memperoleh akses untuk mengedit tampilan sesuai yang Sobat inginkan. So Fantastic kan? Sobat bisa membuat sebuah blog yang benar-benar beda dan sesuai karakter Sobat.
  2. WordPress.com : Layanan yang juga gratis ini menawarkan kemudahan dalam mendapat tempat pada posisi teratas search engine. Berbeda dengan Blogger.com yang bisa mengedit template bahkan sampai mengedit kode HTML dari template yang digunakan, pada WordPress.com pengguna layanan gratis ini tidak mempunyai akses untuk mengedit kode HTML dari template yang dipergunakan. Kecuali jika Sobat ingin membayar untuk self hosted, baru bisa mengedit template HTML.
  3. Blogsome.com : Layanan dari Blogsome.com ini akan memberikan sobat akun blog gratis dengan berakhiran .blogsome.com (sedikit mirip dengan .blogspot.com ya hehehe). Layanan ini menyediakan blog yang gratis, mudah dipergunakan dengan beragam koleksi tema yang bisa diterapkan.
  4. Livejournal.com : Jika Sobat memilih untuk membuat akun pada Livejournal.com, sobat akan memiliki sebuah blog dengan top level domain .livejorunal.com . Lebih terasa sebagai sebuah jurnal kehidupan untuk catatan diary.
  5. Journalspace.com : Sobat Blog Cara Blogging akan mendapatkan sebuah blog dengan nama yang berakhiran .journalspace.com jika memilih untuk membuat blog pada layanan gratis ini. 
  6. Mywapblog.com : Nah, ini layanan untuk ngeBlog yang "nyeleneh" dari yang lain. Mywapblog.com ini dioptimalkan untuk dipergunakan menulis blog melalui ponsel. Jadi kalau Sobat ingin menulis sebuah artikel bisa langsung menulisnya pada blog Sobat di Mywapblog.com melalui ponsel.
  7. Weebly.com : Layanan ini mempunyai fitur drag and drop image yang bisa Sobat manfaatkan untuk memasukkan gambar secara langsung dengan men-drag lalu men-drop nya langsung pada web browser. Keren kan? Seperti fitur pada Facebook.
  8. Kompasiana.com : Adalah layanan yang memberi Sobat sebuah semi blog untuk menulis segala sesuatu yang Sobat pikirkan. Pada Kompasiana.com ini Sobat untuk saat ini hanya bisa menulis dan belum bisa mempersonalisasi template sesuai keinginan Sobat.
  9. Blogdetik.com : Seperti Kompasiana.com, Blogdetik.com ini adalah layanan blog yang dibuat oleh media massa Indonesia. Pada Blogdetik.com ini ada halaman khusus yang bernama Blog Star. Halaman Blog Star ini seperti headline pada halaman utama sebuah koran, yang berisi blog-blog pilihan dalam rentang waktu tertentu.
Nah, bagaimana Sobat Blog Cara Blogging? Apakah sudah menentukan pilihan untuk move-on dari catatan Facebook menjadi seorang blogger dengan memulai blogging? Blog Cara Blogging sudah berikan 9 Daftar penyedia blog gratis populer yang bisa Sobat pilih. Sekarang tinggal Sobat Blog Cara Blogging pilih layanan yang mana yang sesuai dengan keinginan Sobat. Jika ada yang mau menambahkan atau memberi review silahkan dikirim melalui kotak komentar dibawah artikel Mengenal Blogging dan Layanan Blog [2] :)

12 komentar:

  1. banyak juga ya sob, farian dari blog, tapi saya lebih suka pakai blogger sob, n cukup tertarik ama blogdetikjuga c, :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya sob, banyak banget layanan blog gratisnya... aku juga lebih ke blogger.com

      Hapus
  2. Blog baru ya sob...... tapi udah bagus nih, blog lamanya apaan?

    BalasHapus
    Balasan
    1. blog lama dan blog barunya ini sob.. baru belajar kok :)

      Hapus
  3. waaah ternyata banyak juga ya jenisnya :)
    kalo aku pakenya blogger hehehehe
    makasih ya infona

    BalasHapus
    Balasan
    1. sama2 sob... :)

      diatas tuh sebenernya masih ada bnyak lagi, tapi belum kedaftar hhehe

      aku juga pake blogger sob, lebih mudah

      Hapus
  4. listnya blognya banyak juga ya? saya pernah baca artikel katanya platform wordpress lebih baik daripada blogger.

    BalasHapus
    Balasan
    1. listnya belum seberapa ini sob... kalo wordpress sebenernya realtif juga dibandingin blogspot.. kebanyakan di artikel yang ada sih wp menang di seo nya

      Hapus
  5. makasih buat infonya...
    dari 9 penyedia jasa blog gratis..
    masih Blogger.com deh yang kece :p

    BalasHapus
  6. Lebih mudah menggunakan BLOGGER aja sob ...(menurut ane ) hehehehe

    BalasHapus
  7. sudah pernah aku coba beberapa blog platform... tapi tetap lebih suka blogspot dan wordpress

    BalasHapus

Sobat BCB yang mau bertanya atau memberikan tambahan, Sok atuh berkomentar.

Komentar Sobat dimoderasi dulu sebelum ditampilkan :)