Cara Menulis Artikel di Blogspot

Cara Menulis Artikel di Blogspot - Setelah kemarin Sobat BCB belajar Cara Membuat Blog di Blogspot, kini saatnya Sobat dan juga BCB untuk menulis sebuah artikel pada blog yang sudah Sobat buat. Apalah arti sebuah blog tanpa artikel? hehehe. Pasti hambar, kosong, berhantu karena tanpa artikel. Dan yang pasti tidak bisa mendapatkan alexa rank maupun google pagerank yang bagus :D (pembahasannya kejauhan).

Persiapan sebelum menulis artikel di blogspot terutama adalah ide. Karena tanpa ide, sebuah tulisan yang akan publish melalui blog pasti akan kurang mengena bagi pembaca. Kenapa kurang mengena bagi pembaca? Beberapa alasan antara lain karena alur pembahasan yang kurang bagus, topik yang kurang menarik dan sebagainya.

Setelah ide menulis didapat, sekarang saatnya untuk belajar Cara Menulis Artikel di Blogspot step by step. Ikuti langkah-langkah berikut ya Sobat BCB (disertai gambar juga lho).

Yuk, Sobat BCB baca artikel Cara Menulis Artikel di Blogspot sampai tuntas, dijamin ada manfaatnya deh.

Cara Menulis Artikel di Blogspot, Tampilan Teks Editor Blogspot.
Tampilan Teks Editor Blogspot.

Dari gambar diatas tuh, kira-kira kegunaannya adalah sebagai berikut :

1. CaraNgeblog merupakan titel dari blog BCB, dan akan berubah sesuai dengan titel blog milik Sobat. Entri adalah pertanda jika yang ditulis merupakan artikel (bukan laman). Setelah Entri ada Kotak Judul, tulis judul artikel Sobat disitu. Tombol Publikasikan, untuk menampilkan/mempublikasi tulisan diblog, tombol Simpan untuk menyimpan perubahan yang sudah dilakukan, tombol Pratinjau untuk melihat "kira-kira" artikel yang Sobat buat seperti apa tampilnya dan tombol Close untuk menutup teks editor blogspot ini.

2. Beragam Tools Box standar bawaan teks editor blogspot dalam mode Compose. Sobat bisa memanfaatkan kesemuanya secara mudah tanpa ribet melakukan encoding manual pada tampilan artikel yang Sobat buat. Meskipun proses encoding ini juga dimungkinkan oleh teks editor dalam mode HTML.

3. Setelan Entri, berguna mengatur atribut apa saja yang akan dipasangkan pada artikel Sobat BCB. Setelan entri ini meliputi pemberian label, menjadwal publikasi artikel, mengatur permalink atau tautan permanen, pengaturan tentang lokasi Sobat BCB berada dan opsi pilihan mengaktifkan komentar atau menonaktifkan.

4. Pada kotak nomor empat, disitu Sobat bisa sepuasnya menuliskan ide tentang artikel yang akan dibuat. Tidak harus artikel resmi, boleh curhatan, boleh tutorial seperti Blog Cara Blogging (BCB) ini, boleh cerpen, boleh tentang tugas sekolah. Semuanya boleh, yang penting jangan yang ehmmm "porno" dan atau sara ya hehehe. Jumlah kata atau karakter yang bisa Sobat masukkan tak terbatas lho. Makanya, itulah salah satu kelebihan menulis diblog dibandingkan dibuku catatan (kertas).

Bagaimana Sobat BCB? Apakah sudah paham dengan penjelasan yang disertai sebuah gambar diatas? Atau, sudah paham duluan sebelum membaca artikel Cara Menulis Artikel di Blogspot ini? Keep spirit to blogging aja ya buat semua Sobat BCB, mohon maaf bila ada salah kata dan gambarnya agak kurang bagus. Selamat pagi...

13 komentar:

  1. Ya sobat ini mudah dimengeri mudahan bagi teman-teman yang lain juga bermanfaat tentunya :)

    BalasHapus
  2. Nih kegiatan yg paling sering saya laksanakan....dan nih juga lagi mempersiapkan Tulisan selanjutnya di Blog..mantap infonya gan, semoga makin byk Blogger yg nambah!

    BalasHapus
  3. Kalau mengatur ukuran gambar di dalam postingan bagaimana ?

    BalasHapus
  4. ^^ kalo cara nulis komen gimana kak :p

    BalasHapus
  5. ditunggu tutorial2 berikutnya :)

    BalasHapus
  6. thanks sob ini sangat membantu banget untuk sobat bloger yang masih pemula...

    BalasHapus
  7. Bagus sekali, penerangan dengan gaya bahasa mudah difahami^^

    BalasHapus
  8. alhamdulillah sudah bisa posting di blogspot :)

    BalasHapus
  9. .: visiting here with smile, nice greetings...^_^

    BalasHapus
  10. terimakasih sob.sangat bermanfaat nh!

    BalasHapus
  11. Masukan dan info yg menarik bagi pemula seperti saya, kadang saya bingung mau mulai dari mana.

    BalasHapus
  12. waahh,,,jarang2 posting yg se detail seperti ini...
    makasih dh share..follow sukses sob,,,di tunggu folbacknya

    BalasHapus
  13. wah mantab gan tutorialnya, lengkap dengan gambarnya...

    BalasHapus

Sobat BCB yang mau bertanya atau memberikan tambahan, Sok atuh berkomentar.

Komentar Sobat dimoderasi dulu sebelum ditampilkan :)